- Motivasi -
Ø Motivasi
French and Raven :
– Motivasi adalah sesuatu yang mendorong seseorang untuk menunjukkan perilaku tertentu. Motivation is the set of forces that cause people to behave in certain ways.
Greeberg & Baron (1997):
– Motivation as a set of process that arouse, direct, and maintain human behavior toward attaining some goal
Ø PROSES MOTIVASI
Ø Tiga Komponen Motivasi
Arousal, sesuatu yang membangkitkan => drive/dorongan
Direct, arah tindakan yang akan diambil
Maintenance, seberapa lama seseorang akan bertahan untuk mencapai tujuannya
Motivasi itu tidak terlihat/abstrak
Motivasi merupakan sesuatu yang multifaced (beberapa motif yang bekerja dalam satu waktu)
Ø Beberapa Pendekatan Mengenai Motivasi
pendekatan tradisional atau dikenal sebagai traditional model of motivation theory,
pendekatan relasi manusia atau human relation model
pendekatan sumber daya manusia atau human resources model.
Ø Motivation Theory
Content Theory
– Faktor-faktor yang membangkitkan, mengarahkan, dan mempertahankan perilaku berasal dari dalam individu
– Apa yang menyebabkan seseorang termotivasi?
Process Theory
– Bagaimana perilaku dibangkitkan, diarahkan, dan dipertahankan
– Mengapa seseorang termotivasi?
Ø Content Theory
Teori Hirarki Kebutuhan Maslow
Teori ERG Alderfer
Model Motivator-Hygiene Herzberg
Teori Motivasi Mc Clelland
Ø Hirarki Kebutuhan Maslow
Deficiency needs
– Fisiologis--> makan, minum
– Keamanan & rasa aman
– Belongingness
Growth needs
– Harga diri & ego (esteem & ego)_kepercayaan, kompetensi
– Aktualisasi diri (self-actualization)_dipuji, prestasi kerja
Ø Hirarki Kebutuhan (Maslow)
Ø Teori ERG dari Alderfer
Ø ERG Alderfer
Existence/eksistens i--> kebutuhan akan substansi material (makan, minum, uang, dll)
Relatedness/relas i--> curhat, sahabat, dll
Growth/pertumbuhan --> mengmbangkan kecakapan.
Ø Teori 3 kebutuhan Atkinson dan McClelland
Ø Kebutuhan Berprestasi
4 karakteristik :
– Memiliki keinginan yg kuat utk bertanggung jawab
– Cenderung membuat tujuan dengan tingkat kesulitan yg sedang dan memperhitungkan resiko
– Memiliki keinginan yg kuat utk mendapatkan umpan balik
– Fokus pada penyelesaian tugas
Ø Kebutuhan untuk Berafiliasi
Berkeinginan kuat untuk mendapatkan persahabatan
Ø Kebutuhan untuk Berkuasa
Berkeinginan kuat untuk mengendalikan orang lain
Ø Teori Dua Faktor dari Herzberg
Motivating Factors
– kesempatan untuk berprestasi(achievement)
– pengakuan dalam lingkungan pekerjaan (recognition)
– kesempatan untuk bertanggungjawab (responsibility)
– kesempatan untuk berkembang dan mengembangkan diri (advancement and growth)
Hygiene Factors
– kebutuhan akan kebijakan dan administrasi perusahaan yang jelas dan adil (company
policy and administration)
– supervisi yang memadai (supervision)
– keserasian hubungan dengan supervisi (relationship with supervision)
– kondisi pekerjaan yang kondusif (working condition)
– gaji atau upah yang layak(salary)
– hubungan yang baik antar pekerja (relationship with peers)
– adanya penghargaan terhadap kehidupan pribadi (personal life)
– hubungan yang serasi dengan bawahan (relationship with subordinates)
– kejelasan status pekerjaan (job status)
– masa depan dari pekerjaan yang dijalani(job safety)
0 komentar:
Posting Komentar