Template by:
Free Blog Templates

Minggu, 01 Januari 2012

Resume Pertemuan - 8 PDB

STRUKTUR ORGANISASI
Ø            - Tujuan Instruksional Khusus
Mahasiswa dapat menyatakan pendapatnya mengenai penyusunan struktur dan rancangan organisasi yang efektif
Materi :
p Dsar-dasar struktur organisasi
p Rancangan organisasi
p Teori rancangan organisasi
Ø         -  Struktur Organisasi
 Merupakan suatu pembagian,  pengelompokan danpengordinasian tugas-tugas atau pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien
   Kerangka kerja organisasi dinamakan sebagai Desain Organisasi.
 Bentuk Spesifik dari kerangka kerja organisasi dinamakan dengan Struktur Organisasi.
  Stuktur Organisasi pada dasarnya merupakan desain organisasi dimana manajer melakukan alokasi sumber daya organisasi, terutama yang terkait dengan pembagian kerja dan sumber daya yang dimiliki organisasi, serta bagaimana keseluruhan kerja tersebut dapat dikordinasikan dan dikomunikasikan.
Ø         - Tujuan Struktur Organisasi
   Membagi pekerjaan yg harus dilakukan ke sejumlah departemen
 Membagi-bagi tugas dan tanggung jawab yg berkaitan dengan masing-masing pekerjaan
  Mengkoordinasikan berbagai tugas organisasi
  Membangun hubungan antar individu, kelompok dan departemen
  Menetapkan garis wewenang
  Mengalokasikan dan menggunakan secara efektif sumber daya organisasi
Ø         - Faktor-faktor yang Memengaruhi Struktur Organisasi
  Strategi Organisasi
    Strategi akan menjelaskan bagaimana aliran wewenang dan saluran komunikasi disusun diantara para manajer dan bawahan.     
   Skala Organisasi
      Besarnya organisasi berpengaruh terhadap pembuatan struktur organisasi
  Teknologi
      Perbedaan teknologi yg digunakan untuk memproduksi barang-barang atau jasa akan membedakan bentuk struktur organisasi.
  Lingkungan
Ø         - Tipe Departementalisasi
   Berdasarkan Fungsional
   Berdasarkan Geografis
   Berdasarkan Produk
   Berdasarkan Proses
   Berdasarkan Pelanggan
Ø         - Penentuan  Relasi   antar   bagian  dalam Organisasi (Hierarchy)
 Hierarcy adalah Proses penentuan relasi antar bagian dalam organisasi, baik secara vertikal maupun secara horisontal.
  Terdapat 2 konsep penting dalam Hierarcy, yaitu :
        Rantai Komando
        Rentang Kendali/rentang manajemen
  Rantai Komando
      Menunjukkan garis perintah dalam sebuah organisasi dari hirarki yang paling tinggi misalnya hingga hirarki yang paling rendah. Rentang Komando ini juga menjelaskan bagaimana batasan kewenangan dibuat dan siapa dan bagian mana akan melapor ke bagian mana.
   Rentang Kendali / Rentang Manajemen
      Terkait dengan jumlah orang atau bagian di bawah suatu departemen yang akan bertanggung jawab kepada manajer departemen atau bagian tertentu
Ø         - Faktor-faktor Rentang Kendali
     Keahlian dan kemampuan manajer
     Karakteristik Karyawan
     Sifat pekerjaan yang sedang dikerjakan
     Kesamaan tugas
     Kerumitan tugas
     Standarisasi pekerjaan yg ditetapkan
Ø        -  Rentang Kendali
   Semakin besar rentang kendali semakin efisien dari segi biaya tetapi mengurangi keefektifan
  Hal tsb karena kinerja karyawan menurun dan manajer tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan bimbingan dan dukungan yang diperlukan
    Diperlukan investasi untuk melatih karyawan agar kinerjanya tetap baik
Ø        -  Faktor-faktor faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan luas rentang manajemen adalah :
 kesamaan fungsi-fungsi : semakin sejenis fungsi yang dilaksanakan oleh kelomplok kerja, rentang-an semakin melebar.
 kedekatan geografis : semakin dekat letak geogra-fis kelompok kerja, rentangan semakin melebar.
 tingkat pengawasan langsung yang dibutuhkan : semakin sedikit pengawasan langsung yang dibu-tuhkan, rentangan semakin melebar.
 tingkat koordinasi yang dibutuhkan : semakin ber-kurang koordinasi yang dibutuhkan, rentangan se-makin melebar.
 perencanaan yang dibutuhkan : semakin sedikit perencanaan yang dibutuhkan, rentangan semakin melebar.
  faktor-faktor yang berhubungan dengan situasi. Rentangan relatif melebar bila :
- pekerjaan bersifat rutin
- ketergantungan bawahan satu dg lainnya rendah
- prosedur dan metode baik dan telah diformalisasi
  faktor-faktor yang berhubungan dengan bawahan.Rentangan relatif melebar, bila :
- bawahan terlatih baik utk pekerjaan tertentu
- bawahan lebih senang bekerja tanpa pengawasan ketat

0 komentar:

Posting Komentar