Template by:
Free Blog Templates

Minggu, 16 Oktober 2011

Resume Pertemuan-1 SIT

Ø      Perkembangan ERP



Ø      Value Chain



Ø      Peranan Sistem Terintegrasi




Ø      Enterprise Resource Planning
·         ERP System adalah sistem informasi bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi , produksi maupun distribusi
·         ERP berkembang dari
*      Manufacturing Resource Planning (MRP II)
*      MRP II sendiri adalah hasil evolusi dari Material Requirement Planning (MRP)
·         Sistem ERP secara modular menangani
*      proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), pengapalan, invoice dan akunting perusahaan
·         ERP membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia
·         ERP disebut Back Office System, mengindikasikan bahwa pelanggan dan publik secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini
*      Berbeda dengan Front Office System yang langsung berurusan dengan pelanggan seperti sistem untuk e-Commerce, Costumer Relationship Management (CRM), e-Government dan lain-lain .
·         Software ERP biasanya terbagi atas
*      Modul Operasi (modul utama)
*      Modul Finansial dan Akunting, Sumber Daya Manusia (modul pendukung )

Ø      Order fulfillment

Ø      Modul ERP
·         Modul Operasi
·         Modul Finansial dan Akunting
·         Modul Sumber Daya Manusia
                    
Ø      Keuntungan Penggunaan ERP
*      Integrasi Data Keuangan
Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik
*      Standarisasi Proses Operasi
Menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas produk
*      Standarisasi Data dan Informasi
Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak business unit dengan jumlah dan jenis bisnis yg berbeda-beda
*      Penurunan inventori
*      Penurunan tenaga kerja secara total
*      Peningkatan service level
*      Peningkatan kontrol keuangan
*      Penurunan waktu yang di butuhkan untuk mendapatkan informasi 

0 komentar:

Posting Komentar